7 Hikmah dan Manfaat Tersembunyi Kesehatan Puasa Ramadhan

7 Hikmah dan Manfaat Tersembunyi Kesehatan Puasa Ramadhan

Puasa Ramadhan merupakan hal yang paling dinanti oleh para kaum muslimin dan muslimah. Tidak terasa, ternyata kita telah memasuki bulan puasa ramadhan yang mana didalmnya terdapat banyak sekali hikmah dan manfaat yang dapat kita rasakan terutama untuk umat islam.

Pemahaman puasa merupakan sesuatu yang wajib dilakukan bagi yang melaksanakan agar tidak terjerumus dalam ketidaktahuan. Amal ibadah juga harus tetap dilakukan pada bulan puasa ini, kalau bisa ditingkatkan dari mengaji, kultum sampai bersedekah.
Ibadah Puasa merupkan kegiatan umat muslim untuk menahan rasa lapar dan dahaga di bulan ramadhan. Tahukah anda, bahwa puasa mempunyai hikmah dan manfaat tersembunyi, bahkan para dokter pernah menyarankan berpuasa agar kesehatan bisa lebih terjaga.

Dilihat dari sisi kesehatan, puasa memiliki banyak sekali manfaat yang kemungkinan kalian belum mengetahuinya, bukan hanya rohani, namun manfaat jasmani akan lebih terasa bagi para umat islam yang melaksanakan puasa. Apa saja manfaat dan hikmah yang  didapat dari berpuasa? Yuk kita simak.

1. Membakar Lemak Jahat

Puasa adalah kegiatan menahan nafsu untuk makan dan minum. Nah, saat puasa, kalori yang ada di dalam tubuh juga akan terbakar bahkan lebih banyak dari kalori yang terbakar saat di bulan-bulan lain, dan lebih banyak dari yang dikonsumsi. apalagi kalau anda masih melakukan aktivitas harian seperti biasanya, itu malah justru bagus. Seenggaknya dalam 8 jam sehai, gula dan karbohidrat dakam tubuh yang telah kalian konsumsi akan terbakar habis, setelah itu tubuh anda akan memanfaatkan lemak baik untuk mendapatkan energi. Namun, makanan yang kalian konsumsi juga berpengaruh terhadap lemak jahat dan baik kalian, sahurlah dengan makanan yang berprotein tinggi, lemak dan karbohidrat yang cukup.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Ternyata, berpuasa juga dapat meningkatkan daya tubuh anda, mengapa demikian?. Pada dasarnya, pengurangan konsumsi kalori saat bulan puasa akan memuat berkurangnya laju metabolisme tubuh. Buktinya, suhu orang yang telah berpuasa akan turun daripada yang tidak berpuasa, dan itu menunjukkan adanya pengurangan konsumsi oksigen.
Selain itu, puasa juga dapat meningkatkan limfosit atau sel darah putih dalam pertahanan tubuh, hingga sepuluh kali lipat banyaknya. Bukan hanya itu, menaiknua sel T, perubahan aksidental lipoprotein yang berkepadatan rendah tanpa diikuti oleh HDL. Dan itu akan memberikan pengaruh stimulasi bagi respon imunitas kesehatan tubuh.

3. Menurunkan ResikoTerkena Penyakit Jantung

Saat sedang berpuasa, ternyata terjadi peningkatan HDL dan apoprotein alfa-1, serta penurunan LDL. Hal ini bifadhlillah (dengan keutamaan Allah) sangat bermanaat untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Beberapa perubahan yang tampak ringan itu ternyata berpengaruh terhadap peningkatan kesehatan manusia. Hasil penelitian Abdul Mughni (2005), menunjukkan bahwa puasa ramadhan selama 29 hari dapat mengurangi faktor aterosklerosis, yakni  dengan menurunkan berat badan dan kadar trigliserida. Hal ini juga dikuatkan oleh penelitian Hari Basuki (2005), yang menyatakan bahwa puasa selama bulan ramadhan dapat menurunkan resiko kardiovaskuler melalui penurunan rasio lingkar pinggang dan pinggul.

4. Mencegah Tumor

Ternyata Puasa juga dapat berfungsi seperti 'Dokter Bedah' yang dapat menghilangkan sel-sel rusak dan lemah di dalam tubuh. Karena, rasa lapar seseorang yang Berpuasa dapat menggerakkan organ-organ dalam tubuh untuk menghancurkan sel-sel yang rusak dan lemah tadi untuk menutupi rasa lapr. Ini bukan sesuatu yang buruk, malahan ini merupakan sesuatu yang sangat baik karena sel-sel yang dihancurkan tadi akan segera tergantikan oleh sel-sel baru.

5. Membantu Pemulihan penyakit Sendi

Seseorang yang mempunyai penyakit sendi (terutama lutut), dengan terjadinya pengurangan berat badan kan berdampak besar pada proses pemulihat Penyakit Sendi. Tapi, tentunya hal ini akan berpengaruh ketika anda melaksanakan puasa seperti yang telah diutarakan dan tidak berbuka ataupun sahur secara berlebihan, agar berat badan tidak kembali besar. Aktivitas juga sangat mempengaruhi Sendi anda, di bulan Ramadhan ini tentu akan sangat banyak waktu untuk beristirahat dan lebih baik jika diimbangi dengan olahraga ringan seperti beribadah melaksanakan sholat Tarawih.

6. Meningkatkan fungsi Otak

Meningkatkan ungsi otak juga merupakan manfaat dan hikmah yang dapat anda raih.  Puasa dapat memicu peningkatan produksi protein otak atau BDNF. Protein ini membantu peremajaan dan regenerasi sel induk otak serta dapat meningkatkan fungsi memori dan motor.

7. Mengurangi Resiko Penuaan

Menurut Mark Mattson, seorang peneliti ilmu syaraf di National Institute of Aging (Amerika Serikat), Puasa intermitten bahkan dapat menunda timbulnua penyakit Parkinson dan Alzheimer.
Stres akibat jumlah radikal bebas yang terlalu banyak di dalam tubuh juga bisa menyebabkan proses oksidasi sel-sel normal menjadi semakin tinggi sehingga akan membawa kerusakan. Puasa dapat membantu mengurangi resiko penuaan karena dapat mengurangi radikal bebas yang meyebabkan rusaknya tubuh lewat oksigen yang terus dikontrol selama bulan puasa.

Ternyata manfaat dan hikmah di bulan puasa tidak hanya sebatas rohani, namun juga jasmani. terutama kesehatan, dengan menjaalakan ibadah puasa selam satu bulan penuh sesuai dengan kaedah yang sesuai, dapat membuat tubuh anda terhindar dari berbagi macam penyakit, InsyaAllah.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "7 Hikmah dan Manfaat Tersembunyi Kesehatan Puasa Ramadhan"

Posting Komentar